Saturday, January 29, 2011

Apalah Arti Sebuah Nama

Kemarin saya sempat maen ke Homenet, sebuah warnet yang dikelola sama 2 makhluk aneh. Yang pertama Bang Arya, cowok brewokan yang hobi banget ngomentarin status Facebook saya dengan kata-kata gak penting dan terobsesi punya pacar backpacker yang cantiknya kayak Dian Sastro (emang ada, gitu?). Yang satunya lagi Bang Rosyid a.k.a. Bang Epan, cowok yang suka maen gitar sambil nyanyiin lagunya Zee Avid dan punya tangan yang subhanallah lentik dan halus banget!

Tujuan saya menulis kali ini bukan buat membahas bagaimana kegilaan mereka berdua, tapi terinspirasi dari mereka yang kemarin membahas soal nama anak. Tiba-tiba saja saya sadar, sudah berapa ratus orang di dunia ini yang menanyakan asal muasal nama saya. Okay, I’ll answer all your questions about my name in here:

Pertanyaan pertama: “Jen, emang nama asli kamu siapa, sih?”
Ya olohh… hari gini masih gak tau nama asliku siapa? Padahal di semua account saya di internet saya selalu melampirkan nama asli. Jeanne Svensky Ligte. Walaupun begitu, masih banyak orang yang gak percaya kalo itu adalah nama asli, malah mereka kira itu nama buat gaya-gaya doank. Hahaha.. susah juga deng kalo punya nama yang terlalu keren, malah gak dipercaya kalo itu nama asli. Tapi gak apa-apa lah, banyak kok orang yang juga anggapnya begitu. Malah mantan pacar saya yang waktu itu sudah pacaran sama saya hampir 2 bulan tiba-tiba bertanya, “Memangnya nama asli kamu siapa?”. Beh, parah..

Pertanyaan kedua: “Emang yang ngasih nama siapa?”.
Yang ngasih nama saya itu papa saya, yang inspirasinya dapat dari om saya Albert yang kerjaannya dulu pelaut, tapi sayang dia udah meninggal..

Pertanyaan ketiga: “Kok bisa namanya rada-rada bule gitu?”
Well, ini sih bukan buat gaya-gayaan mau sok kebarat-baratan, tapi karena papa saya memang ada darah blasterannya. Banyak orang yang bertanya saya ini sebenarnya asli mana. Wah, lumayan susah juga ngejawabnya tuh, soalnya saya memang betul-betul berdarah campuran. Mama saya asli Bugis-Makassar, papa saya tuh yang banyak campurannya. Kakek dari papa saya Ambon-Manado, sementara nenek dari papa saya bule turunan Belanda-Jerman. Jadi papa saya itu Ambon-Manado-Belanda-Jerman. Trus kalo ada orang yang bertanya saya orang apa, dengan penuh keyakinan saya akan menjawab, “Saya orang Indonesia!”.

Pertanyaan keempat: “Jadi arti nama kamu apa?”
Ini pertanyaan yang sebenarnya paling malas saya jawab karena harus menjelaskan panjang lebar. Jadi, Jeanne Svensky Ligte itu punya banyak arti:
  1. Jeanne: Berasal dari bahasa Perancis, artinya yang berkuasa. Berasal juga dari bahasa Ibrani, artinya ombak.
  2. Svensky: Berasal dari Svenska, nama kota di Rusia. Ceritanya waktu saya lahir om saya yang namanya Albert baru saya mendarat di Svenska, yang waktu itu bersamaan dengan hari pertama musim gugur. Pemandangan di sana tuh katanya cantikkk banget. Trus karena saya perempuan jadi namanya berubah jadi Svensky. Seandainya saya laki-laki bakal berubah jadi Svensko. Svensky juga berasal dari Svensk, artinya bahasa Swedia.
  3. Ligte: Berasal dari nama oma bule saya, Joan von Ligte. Marga oma saya memang tidak menurun langsung ke saya seperti marga umumnya, jadi ini juga bukan marga saya. Entah kenapa papa mewariskan nama oma buat saya. FYI, oma bule saya ini dulunya dokter di rumah sakit tuna rungu. Nama oma saya yang turunan Belanda-Jerman ini ada ‘von’, itu artinya masih turunan kerajaan dari papanya yang orang Jerman. Seandainya papanya Belanda, namanya bukan ‘von’ tapi ‘van’.

Pertanyaan keempat: “Suka gak dikasih nama ‘aneh’ kayak gitu?”
SAYA SUKA SEKALI! Mungkin menurut sebagian orang yang tidak tahu betul arti nama saya ini akan merasa aneh, apalagi agama saya yang Islam rasanya kok aneh aja dikasih nama begitu, bukannya Annisa, Siti, atau Fatimah. Yah, waktu kecil saya juga sempat minder dengan nama saya karena sering diolok-olok teman kompeni, atau penjajah. Saya sampai nangis dan minta nama saya diganti saja. Tapi seiring dengan saya mengerti arti nama saya ini justru jadi hal yang membuat saya bangga. Setidaknya nama saya ini menjadi inspirasi dalam mewujudkan cita-cita saya. Ya, saya harus ‘mendunia’ seperti papa, om, dan oma. Saya harus bisa sukses seperti mereka, entah itu jadi insinyur, pelaut, dokter, atau jadi backpacker seperti cita-cita saya. Saya mau ke Rusia seperti om Albert (naik pesawat aja , soalnya saya gampang mabuk laut), sekolah di Perancis dan tinggal di Jepang seperti papa, atau bekerja untuk negara seperti oma. Setidaknya dengan nama saya mereka sudah memberi pelajaran kalau dunia ini sangat luas dan sayang sekali kalo saya berpuas hati dengan apa yang saya miliki sekarang ini. Dan mungkin juga, belajar bahasa Swedia sedikit lebih mudah daripada bahasa Perancis.

Finally, walaupun opa Shakespeare bilang ‘apalah arti sebuah nama’, I really don’t care about that. My name is very meaningful, I love it, it really inspires me, and I’m really, so proud of it!!!

KTP dan KTM saya. Percaya kan semua ini nama asli saya?

10 comment:

Anonymous said...

mw ngomentari judul postingannya...

nama itu berarti banget..
katanya raditya dika kalo bunga mawar diganti namanya jadi EEK
biar mw harum gimana juga tetep aja orang illfell..
sepakat?

Anonymous said...

iya tapi klw namanya bagus tapi kelakuan orangnya yg kyk EEk kan gak bagus jg, ill feel juga kan?
nama tuh bagusnya klihatan maha dan diikuti prilaku dan harga diri yg mahal :) wanita itu emang udah takdirnya mahal.smoga km juga begitu sebagus tulisanmu :) 'hp

Anonymous said...

why did you give the same answer to my two responses?

you actually know me. at least once
yeahhh ... I am glad to see the writing on your blog, getting better, yeah, at least, the text you write on your block, contains a new motivation. not defeat again not sadness anymore. sorry if my comment bothered you. but you've inspired me for all your life.
and I do not escape from it all. at least this time I still remember most about your life and your family.

give my regards to your mother who was very patient ..

Jeanne Ligte said...

oh hello .. anonymous (is this really your name?) lol

well, I really don't know who you are, but from your writing I might be able to guess who you are. but I don't know, I don't want to guess wrong.

but anyway, thanks for commented on my blog. it felt so glad there is someone who has inspired of my writing, although in fact it just nothing.

finally, thanks for reading my blog. at least your comment gives me motivation to get better at writing, and spend my life with passion and be thankful. hopefully when we meet again we can give some inspiration or motivation each other. my mom? yeah, she's really inspire me. i'm proud to have a mother like her, and hopefully she's also proud to have a child like me.

and at last i think i know who you are ..

Anonymous said...

LOL yeah thank for my new name. sound little good :)

mm.......i hope u re :)
maybe too hard to me showing my self. yeah not imprtn to show my self, thanks for guessing. might be a bit difficult to be candid but I hope I can continue to read your writing development. because it can remind a lot of things.

but if you do not mind. sok sopan begitue...
if you need a friend, just reply to this comment or send to my email, if you still remember :)

Jeanne Ligte said...

LOL i think that's not a good name, it just sound quite unpolite, actually..

serious, it's a good thing if you really like my blog, it just feel like i have a fan hohoho *evil laugh..

but you really make me curious at all. well, you dont have to be a candid person to read my blog. it'll only can make a distance between us.

and moreover, i really don't know your e-mail. seriously.

Anonymous said...

hahaha,,, angel laugh. :p
you want a phone number or email address?
or just give me your no.phone or your email :)
or pin bb?

Jeanne Ligte said...

how come i give you my identity number if i think you're a stanger and i dont know anything about you? it's kinda weird. really weird.

Anonymous said...

dont be weird.
imnt a stranger. im anonymous..LOL

Jeanne Ligte said...

yeah, you are. you're unknown, me never meet, and i dont know you name. STANGER.

Post a Comment