Wednesday, January 26, 2011

I Teach Indonesian, I Write In English, I Curse In Dutch

Setelah hampir seminggu ‘bangun’ dari hibernasi saya menulis di blog, alhamdulillah sudah cukup banyak orang yang membaca blog baru saya ini. Komentar pun mulai berdatangan, kebanyakan dari teman-teman sekolah saya dulu yang memang tahu dan sering membaca tulisan saya dari dulu. “Welcome back, Jenny”, atau “Wah, gaya nulis kamu agak berubah, lebih dewasa dikit”, itu komentar terbanyak yang saya terima. Buat yang baru baca tulisan saya komentarnya lain lagi. “Kembangkan bakat nulis kamu, ya”, atau “Aduh, ternyata seorang Jenny bisa juga serius dan sedikit melankolis kalo nulis”. Halah, padahal dari jaman masih SMP dan jadi penulis lepas di majalah Gadis gaya nulis saya juga udah kayak gini. Mereka aja yang baru tau.

Komentar yang berbeda justru datang dari para siswa saya. Yah, bedanya dulu dengan sekarang saya nulis terletak juga di pembacanya. Kalo dulu yang baca cuma teman sekolah, sekarang yang baca tidak cuma teman tapi juga siswa bimbingan tempat saya kerja part-time. Kebanyakan dari mereka senang baca blog saya, tapi banyak juga yang complain dengan alasan “Kak, kenapa semua postingnya harus ditulis pake bahasa Inggris, sih. Kita kan yang masih sekolah gak terlalu ngerti bahasanya. Lagian kakak aneh banget. Ngajar bahasa Indonesia tapi kok semua status Facebook sampe tulisan di blognya pake bahasa Inggris semua!”

Walah, padahal bukan maksud saya mau sok-sok bule pake bahasa Inggris. Dari dulu memang saya lumayan sering nulis pake bahasa Inggris. Selain biar bisa melatih kemampuan saya dalam writing, alasan lain biar orang yang membaca tulisan saya juga bisa belajar mengembangkan kemampuan reading-nya. Tapi yah, berhubung siswa saya kebanyakan masih SMP dan belum terlalu fasih bahasa Inggris, gak apa-apa deh saya kasih sedikit ‘diskon’ artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Biar mereka bisa belajar juga bagaimana cara menulis artikel. Lagian saya juga gak mau diprotes dan dituduh sok-sok bule. I’m proud to be an Indonesian!

Anyway, kalo membahas tentang bahasa, saya pasti selalu bersemangat. Maklum, saya yang terlahir sebagai blasteran keturunan Indonesia-Belanda-Jerman membuat saya sudah terbiasa belajar bahasa asing dari kecil. Apalagi pengalaman saya yang pernah tinggal di Belanda selama 2 tahun (saat itu saya masih kecil sekitar 2 sampai 5 tahun) membuat saya dari kecil sudah diajar 2 bahasa sekaligus. Yah, walaupun saat ini bahasa Belanda saya sudah sangat pasif dan bahasa Inggris saya jarang digunakan untuk speaking.

Ada juga pengalaman saya saat belajar bahasa. Misalnya saat saya baru kembali ke Indonesia dan dimasukkan ke TK oleh orang tua saya. Saya yang saat itu belum terlalu fasih bahasa Indonesia sering dikerjain sama teman-teman saya karena saya tidak mengerti apa yang mereka bilang. Untungnya saya tipe orang yang sangat cepat beradaptasi dalam hal bahasa jadi tidak perlu waktu lama bahasa Indonesia saya sudah kembali lancar. Yang lebih parah malah sepupu saya, Nuni dan Kiky, yang waktu seumuran saya juga pernah tinggal di Aussie ikut papanya yang lagi kuliah S2. Waktu pulang ke Indonesia mereka malah gak ngerti bahasa Indonesia sama sekali, akhirnya mereka telat masuk sekolah 1 tahun karena diikutkan les khusus buat belajar bahasa Indonesia. Ya ampun…

Saya juga pernah belajar bahasa Perancis waktu SD. Kebetulan papa saya lancar berbahasa Perancis dan bermaksud menurunkan ‘bakat’ beliau ke saya. Tapi berhubung saat itu saya juga sedang belajar bahasa Inggris dan kadang-kadang masih ngomong bahasa Belanda, saya jadi kurang interest bisa mengerti pelajaran bahasa Perancis. Jadinya bahasa Perancis saya malah gak berkembang, padahal sebelum meninggal papa saya berpesan suatu saat saya harus bisa fasih berbahasa Perancis..

And how’s my languages today? Setelah 18 tahun saya belajar bahasa asing, hingga hari ini banyak perkembangan yang saya dapatkan. Walaupun saya ‘gatot’ alias gagal total belajar bahasa Perancis, setidaknya saya masih paham bahasa Belanda dan bahasa Inggris saya telah berkembang cukup baik. Berhubung tante saya yang dulunya selalu mengajak saya bercakap dalam bahasa Belanda sudah meninggal, jadinya saya gak punya lagi partner yang bisa menemani saya bercakap dalam bahasa Belanda. Palingan sepupu-sepupu saya yang juga lumayan bisa ngomong bahasa Belanda, itupun kebanyakan hanya kata untuk bahan celaan dan tidak selancar tante saya yang dulu pekerjaannya memang translator bahasa Belanda. Akhirnya bahasa Belanda saya cenderung pasif. Saya memang masih bisa membaca artikel dalam bahasa Belanda, tapi untuk bercakap, wah kayaknya saya sudah kaku bahkan mungkin tidak mampu sama sekali. Setidaknya yang membantu saya tetap mempertahankan bahasa Belanda saya yaitu teman SMP saya bernama Aziz yang juga fasih berbahasa Belanda dan sering mengajak saya chatting dalam bahasa Belanda. Bedank voor Uw vriendelijkheid, mijn beste vriend!

Trus bagaimana dengan bahasa Inggris? Yah, setidaknya sampai hari ini saya masih terus berusaha mengembangkan bahasa Inggris saya, entah itu dengan menulis artikel dalam berbahasa Inggris, menonton film box office tanpa subtitle, atau berbicara dengan beberapa teman dalam bahasa Inggris. Cita-cita saya untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri juga ‘memaksa’ saya untuk tidak boleh malas belajar dan terus memperlancar bahasa Inggris saya. Rencananya tahun ini saya akan mengikuti tes TOEFL dan saya harus bisa memperoleh skor lebih dari 512, skor saya sewaktu ikut tes TOEFL waktu lulus SMA dulu. Wish me luck!

Well, pada akhirnya saya akan selalu semangat untuk terus belajar bahasa asing. Entah itu bahasa Belanda karena cita-cita saya ‘pulang kampung’ dan kuliah S2 di Belanda, atau mewujudkan cita-cita papa saya yang mau saya fasih bahasa Perancis. Intinya ora et labora. Am I a dreamer? Yah. mungkin. But, it'll be come true, someday..

2 comment:

rina said...

Jean... I love all your writing dear....

it encourages me to reach my goals too...
you're such a great,young, and talented girl.
Glad to have you as my friend

Just keep writing about anything you want though some people here think you just want to show up.... (i hate when they say that...just ignore them)

we'll meet in Holland soon.... hehehe ^_^

Jeanne Ligte said...

aduh komentarnya k'rina ini lebay skali. saya jadi nda enak sendiri. hehehe..

well, i want to writing as my hobby after all. alhamdulillah deh klo banyak yang suka. sekalian jadi penyaluran cita-cita jadi travel writer. sayangnya belum cukup berduit bwt jadi traveler jadi yah jadi writer aja dulu ;P

and after all, thanks for support me as well! setidaknya bukan cuma saya satu2nya orang di dunia ini yang punya banyak mimpi. hahaha...
and i'll always support you for all the dreams..


together, we can..

Post a Comment